Berita  

Jelang Berakhirnya Masa Jabatan Andi Sudirman Sulaiman, Nama Bro Rivai Mencuat PJ Gubernur SulSel

JAKARTA,- Baru-baru ini, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Abdul Rivai Ras promosi jabatan dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Kemenko Polhukam. Kini, Pria asal Kabupaten Bone, Sulawei Selatan(Sulsel) itu namanya disebut masuk dalam bursa calon Pj Gubernur Sulsel.

Menurut Sumber berita yang dikutip dari media Herald.id, dari enam nama yang diusulkan ke DPR RI, salah satunya adalah Bro Rivai Ras. Kabarnya, dua fraksi di DPRD Sulsel sudah merekomendasikan nama pendiri Bro Rivai Center itu ke pusat. Kedua fraksi dimaksud adalah Fraksi Demokrat dan Fraksi PDI Perjuangan. Sumber internal di Kementerian Dalam Negeri menyebutkan, nama Bro Rivai memang menguat mengisi posisi PJ Gubernur Sulsel September mendatang.

Tiga syarat sudah terpenuhi. “Pertama, syarat eselonisasinya sudah terpenuhi sebagai pejabat eselon satu, dan bekerja di lingkungan kementerian lembaga yakni Kemenkopolhukam yang relevan dengan bidangnya sebagai staf ahli bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman, di mana Sulsel adalah provinsi yang bebasis maritim,” ungkapnya kepada Herald.id, Selasa 18 Juli 2023.

Kedua, Rivai Ras sosok yang memiliki kompetensi dalam mengawal pemerintahan dan kapasitas dalam menjaga stabilitas keamanan, yang notabene Sulsel merupakan wilayah rawan konflik menjelang pemilu 2024. Rivai dinilai memiliki kemampuan itu karena berlatar pendidikan Ilmu politik dan ketahanan nasional. Di samping sebagai Pati TNI yang berpengalaman di bidang birokrasi. Ia pernah mengabdi di lembaga kepresidenan, sekmilpres Kemensesneg RI, stuktural di Ditjen Stategi Pertahanan, termasuk pernah menjadi perwira pengelola barang dan jasa Alutsista di Pusalpalhan Baranahan Kemenhan RI, Sahli Panglima Tk II bidang Sosial Budaya, Hukum dan HAM, serta pendiri dan dosen Universitas Pertahanan RI. “Ketiga yang menguatkan Pak Rivai Ras akan menjadi PJ Gubernur Sulsel, karena dikenal dan mengenal wilayah Sulsel yang dinilai cukup luas itu. Baik secara geografis maupun budaya karena kebetulan sebagai putra daerah Sulsel asal Bone juga dekat dengan masyarakat, dunia kampus, dan lembaga agama serta pesantren.” “Pak Rivai juga menjadi perwira militer akademisi yang sudah dikenal luas melalui pengabdian sosial dan kemanusiaannya melalui yayasan Bro Rivai Center miliknya yang berkedudukan di Jalan Botolempangan Makassar,” beber sumber tersebut.

Sumber : Herald Id