Berita  

Andi dan HS Gasak Hutan Kawasan Gunakan Tambang Ilegal

Parittiga — Kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah yang di tangani Kejaksaan Agung (Kejagung), terus bergulir sehingga sudah tercatat 13 orang tersangka.

Untuk itu para pengusaha timah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memilih kabur.

Namun beda dengan Andi yang merupakan pengusaha yang selama ini tidak tersentuh hukum.

Andi (46) warga Dusun Pelawan, Desa Teluk Limau, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat.

Pasalnya Andi ini diam-diam melakukan penambangan ilegal dan menggunakan alat berat jenis Excavator SK50 Mini, merk Kobelko warna hijau.

Andi pun berlindung kepada seorang Oknum anggota TNI AD inisial HS juga namanya disebut oleh penambang, saat ditemui sejumlah Wartawan, Sabtu (2/3/24) sore, dilokasi.

“Punya Andi Pahlawan dan pak HS tentara, dia lah yang urus kordinasinya,” kata mance yang mengaku warga Tambang 25.

Hal serupa pun dicetuskan oleh operator Excavator Wawan, yang juga di temui wartawan mengaku bahwa unit Excavator milik Andi.

“Alat milik bos Andi, yang urus Pak HS, tadi saya sudah telepon Pak HS, sebelum bapak temuin saya, tadi sudah saya laporan bahwa ada yang foto foto,”ucapnya.

Demikian Operator Excavator kembali di telepon oleh HS oknum TNI AD dan meminta kepada operator agar memberikan Handphone tersebut kepada media untuk berbicara.

“Saya masih di palembang, punya saya itu, orang berapa kesutu kalian,” ujarnya.

Selain Tambang darat yang menggunakan alat berat  Excavator,  ternyata puluhan ponton yang bekerja dikawasan Hutan Lindung Pantai Kuarsa ujung wilayah kemungkus juga dikoordinir oleh Oknum TNI HS.

Para penambang juga tidak ragu ragu menyebutkan kegiatan tersebut diurus oleh Oknum TNI HS,

“14 ponton disebelah sana punya Pak Hs, lumayan juga hasilnya, kesana saja pak ada pengurusnya disana.” ungkapnya.

Dalam hal itu masih dalam upaya untuk dikonfirmasi terkait penambangan ilegal dan keterlibatan oknum TNI AD. Kapolda Babel Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, SIK, M.Si, dan Komandan Korem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI A.Dedy Prasetyo,S.I.P.

Sumber : (****)