Berita  

Hiburan : Melatih Kedisiplinan Zikir di Bulan Ramadan

Makassar,- Allah swt senantiasa memerintahkan umat muslim untuk selalu berdzikir. Tercatat dalam beberapa ayat Al-Qur’an tentang perintah serta keutamaan membaca zikir.

Dengan berdzikir, kita akan senantiasa mengingat Allah swt. Kalimat-kalimat zikir yang dibaca saat pagi dan petang juga dapat menjaga dari mara bahaya apalagi zikir di bulan Ramadan yang mulia ini.

Perintah zikir tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 41-42:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.

Itu artinya zikir merupakan ibadah yang mulia dan hendaknya kita tingkatkan kuantitas dzikir kita dan merupakan bukti penghambaan kita kepada Allah swt.

Banyak keutamaan zikir yang diriwayatkan sebagaimana hadis nabi :
“Tidakkah aku akan memberitahumu tentang tindakan terbaikmu, yang paling murni di hadapan Tuhanmu, yang menaikkan peringkatmu ke posisi tertinggi, yang lebih baik bagimu daripada menghabiskan emas dan perak, lebih baik daripada bertemu musuhmu sehingga kau menyerang di leher mereka dan mereka menyerang Anda? ‘Mereka menjawab, ‘Ya, memang’, lalu Nabi bersabda, Itu adalah mengingat Allah.” (HR. At Tirmidzi)

Lalu bagaimana melatih kedisiplinan untuk berzikir di bulan Ramadan ini, maka hendaknya seluruh aktifitas ibadah kita diiringi dengan doa-doa seperti saat makan sahur dan berbuka dan doa lainya.
Melakukan zikrullah juga melatih kedisiplinan dan kesabaran bagi kita sebagaimana firman Allah dalam Surah Al-Kahfi ayat 28 :

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِيْنَ يَدْعُوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَدٰوةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيْدُوْنَ وَجْهَهٗ وَلَا تَعْدُ عَيْنٰكَ عَنْهُمْۚ تُرِيْدُ زِيْنَةَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَاۚ وَلَا تُطِعْ مَنْ اَغْفَلْنَا قَلْبَهٗ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوٰىهُ وَكَانَ اَمْرُهٗ فُرُطًا ۝٢٨
Dan bersabarlah engkau (Muhammad) bersama orang yang menyeru Tuhannya pada pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia; dan janganlah engkau mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti keinginannya dan keadaannya sudah melewati batas.

Di bulan Ramadan ini amalan zikir kita akan dilipatgandakan pahalanya dengan syarat keikhlasan dan penuh pengharapan kepada Allah swt seraya memohon ampunan dan ridho kepada Allah swt.

Disampaikan oleh: Dr KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc MA ( Sekertaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan dan Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Cokroaminoto Makassar ) pada program “Hikmah Bulan Ramadan (Hiburan)” yang tayang di YouTube MUI Sulsel pada Rabu 20 Maret 2024 .
Selengkapnya Simak Video dibawah ini…

Irfan Suba Raya