Berita  

Jelang Pilkada Banyuasin, Askolani Unggul telak di Sosial Media

BANYUASIN – Askolani Jasi memimpin pemberitaan oleh media online di Banyuasin. Askolani unggul dari pesaing terdekatnya, Slamet Somosentono, dengan perbandingan share of voice 61persen berbanding 39 persen.

Monitoring pemberitaan online dilakukan oleh Maegadata. Maegadata melakukan penelitian dengan menarik data pemberitaan dari 1 Maret sampai 26 Mei 2024.

Megadata tidak hanya melakukan monitoring di pemberitaan, tetapi juga di media sosial. Media sosial yang dipantau adalah Facebook, Instagram, dan TikTok, mulai dari 1 Maret sampai 26 Mei, dengan total 3.047 postingan.

Pada postingan tersebut, jumlah percakapan, komentar, dan share Askolani jauh lebih unggul dibandingkan Slamet, yaitu 73 persen berbanding 27 persen.

Direktur Eksekutif Megadata, Anwar Abugaza, menjelaskan bahwa metodologi yang digunakan mampu merekam sumber awal, atau data hulu. Metode ini berbeda dengan metode survei dengan sumber sampling yang turun langsung ke lapangan dan menggunakan data hilir.

“Kami menarik data percakapan dari media sosial, kemudian menarik data berita dari media online berdasarkan kata kunci, yaitu ‘pilkada Banyuasin 2024’ dan nama calon,” jelasnya, Rabu 29 Mei 2024.

“Dilihat perbandingannya dengan calon lain, kemudian kami coba kerucutkan perbandingan Askolani dan Slamet berdasarkan jumlah pemberitaan. Pak Askolani sekian, Pak Slamet sekian,” tambahnya.

Untuk trending topik media sosial, “Askolani Lanjutkan” mendapatkan 336 data trending, sedangkan “Pakde Bupati” mendapatkan 240 data trending di media sosial.