Berita  

Pendukung Anies, Kekuatan Utama Sekaligus Masalah Utama

Jakarta,- Banyaknya pendukung ternyata tak selalu menjadi kekuatan yang baik, mereka juga bisa menjadi masalah utama

Pendukung yang sekarang banyak yang menjadi relawan memang sejatinya menjadi kekuatan utama dan memang itulah kekuatan utama Anies Baswedan yang tak punya Parpol, tak punya banyak duit bahkan tak punya kekuasaan.

Tapi bagi kalangan Gen Z atau generasi Zelenial, para pendukung Anies ini adalah masalah. Gen Z, merupakan generasi yang lahir pada 1997-2012. Mereka sekarang berusia 8-23 tahun. Sedangkan Milenial yaitu generasi yang lahir pada 1981-1996 (saat ini berusia 24-39 tahun)

Jumlah mereka tidak sedikit gen Z mencapai 27,94% sementara Milenial mencapai 25,87% yang jika dijumlahkan jumlah mereka mencapai 53,81%, jumlah yang amat sangat besar dan tak layak diabaikan.

Dalam sebuah penelitian, Gen Z disodorkan tiga foto yang saat ini paling populer tentu saja ada yang menolak, ada yang memilih dan ada yang masih ngambang.

Ketika disodorkan foto Ganjar Pranowo mereka yang menolak kemudian menjawab “nggak, ini budak agensi”

Lalu, saat disodorkan foto Prabowo Subianto mereka yang menolak kemudian menjawab “nggak, dia iljin”. Iljin ini adalah bahasa anak muda yang berarti pembully

Ketika disodorkan foto Anies Baswedan, mereka menolak kemudian menjawab “nggak, fandomnya jelek, suka bertengkar”

Fandom itu sebutan mereka bagi para pendukung, simpatisan atau relawan Anies

Karena masalahnya adalah fandom, mereka kemudian ditanya lagi, kalau Aniesnya bagaimana?

Anies baik, kami ikuti, pidatonya menarik, kinerjanya terlihat tapi itu dia, fandomnya sungguh ribut, suka bertengkar.

Membela Anies, bahkan rela bertarung di kolam butek yang keras dilakukan oleh relawan, bahkan begitu asyiknya sampai hilang kesantunan seperti yang Anies contohkan. Kita merasa bahwa itulah yang seharusnya dilakukan karena cinta tapi jika cinta membuat orang yang dicintai hilang simpati, apakah itu baik?

Relawan harus “_move on_” agar Anies menang pilpres bersama kita semua