Berita  

Tim Pengabdi Akuntansi UNM Melatih Siswa SMK 1 Bulukumba dalam Pemanfaatan Platform Digital untuk Pengarsipan Data

BULUKUMBA,- Universitas Negeri Makassar (FEB UNM) melakukan pendampingan kepada siswa-siswi SMK terkait penggunaan Google Drive sebagai platform pengarsipan data berbasis online. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 18 Agustus 2023 di Aula SMK 1 Bulukumba, Jl. Teratai, Caile, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba.

Para narasumber yang merupakan Tim Pengabdi yang terdiri dari Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Samirah Dunakhir, S.E., M.Buss., Ph.D., Ak., CA., Ketua Jurusan Ilmu Akuntansi, Dra. Hariany Idris, M.Si., Ketua Program Studi Akuntansi S1, Mukhammad Idrus, S.E., M.Si., Ak., CA., serta dosen akuntansi, Warka Syachbrani, S.E., M.Sc., Ak., CA., Masdar Ryketeng, S.Pd., M.Acc., Ak., ACPA., dan Nurafni Oktaviyah, S.E., M.Ak. Masing-masing anggota Tim terlibat sebagai narasumber yang menyampaikan materi secara bergantian.

Platform Google Drive memiliki beberapa fitur seperti google dokumen, google spreadsheet, google form, google slide, google gambar, google sites, google my maps, google jamboard, dan beberapa fitur lainnya. Di Platform ini dapat digunakan menerima data, mengolah data, serta mengarsipkan data.

Penggunaan Platform digital Google Drive sebagai pengarsipan data online sangat diperlukan oleh pelajar dalam menunjang aktivitas mereka.

Sebelumnya, para pelajar ini hanya mengandalkan penyimpanan langsung di perangkat, yang suatu waktu akan penuh serta sulit diakses di perangkat lain. Taufik, salah satu siswa yang menjadi peserta mengungkapkan “selama ini kami hanya menyimpan data di flasdisk atau komputer langsung maka terkadang sulit diakses jika dibutuhkan.”

“Dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini, semakin memberikan wawasan baru serta melek terhadap teknologi pada kami. Sangat bersyukur dapat pengetahuan baru dan semoga dapat diterapkan dengan baik” ujar Taufik.

Selain itu penggunaan Platform Google Drive dapat membantu dalam mengerjakan tugas sekolah dengan menggunakan beberapa fitur yang bermanfaat. Salah satunya, untuk menyelesaikan tugas secara kolaboratif lebih dari satu pengguna.