Berita  

Ketua FKUB Kota Makassar, Paparkan Program Literasi Pemeliharaan KUB di Banjarmasin

Makassar, Rangkaian kunjungan Studi Tiru Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Makassar di Kota Banjarmasin tidak hanya melihat dari dekat program yang dilaksanakan oleh FKUB setempat.

Namun juga menyampaikan tentang komitmen dan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh FKUB Kota Makassar dalam upaya membangun kehidupan umat beragama di Kota Makassar, salah satunya melalui program literasi yaitu buku bacaan yang diterbitkan oleh FKUB Kota Makassar.

Ketua FKUB Kota Makassar Prof. Arifuddin Ahmad menyampaikan tentang kiat dan upaya strategis merawat kerukunan umat beragama di kota makassar melalui program Makassar Sikatutui. Program Makassar Sikatutui merupakan wujud internalisasi penguatan nilai-nilai universal seluruh agama dengan pendekatan kearifan lokal, ujar Prof. Arifuddin Ahmad yang juga Guru Besar Ilmu Hadits UIN Alauddin Makassar.

Selanjutnya oleh Walikota Makassar Danny Pomanto menyatakan pada sambutan pengantarnya dalam buku tersebut sangat mengapresiasi dan mengatakan bahwa Kebijakan strategis Program Perkuatan Keimanan Umat adalah upaya untuk memberdayakan institusi keagamaan dalam memperkuat dasar-dasar kerukunan umat beragama (iman), membangun kohesi sosial yang harmoni, serta mendorong kehidupan keagamaan yang rukun dan damai dalam bingkai NKRI.

Buku edisi revisi yang terdiri dari VI Bab tersebut juga mengurai tentang Standar Prosedur mekanisme pendirian rumah ibadah dan penyampaian aspirasi serta penyelesaian konflik antar umat beragama, buku yang diserahkan Ketua FKUB Kota Makassar tersebut diterima oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin Husen Luthfie, M.Si didampingi oleh Ketua FKUB Kota Banjarmasin Dr. H. Masykur, MM, ujar Dr. Usman Sofian Komisi Informasi dan Publikasi FKUB Kota Makassar.

history lab unhas