Berita  

Krisis Figur 02, Siapa Yang Unggul di Pilkada Gowa

MAKASSAR – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Gowa sudah mulai memunculkan figur-figur potensial beserta komponen kekuatan dari masing-masing bakal kandidat yang akan meneruskan trend tahta yang akan ditinggalkan oleh Adnan Purichta Ikhsan sebagai Bupati Gowa selanjutnya.

Nama-nama yang wajahnya sudah menempel di pinggiran jalan Kabupaten Gowa telah menjadi perhatian warga Butta Karaeng tempat kelahiran Sultan Hasanuddin sekarang. Wajah semar (tokoh) yang kini sedang dibicarakan adalah Wakil Ketua MPR RI, Amir Uskara seorang Wakil Ketum Bidang Pemenangan Pemilu PPP yang boleh dikata sudah bertahun-tahun menjaring dukungan untuk maju menjadi Bupati Gowa.

Amir Uskara bukan sekedar politikus biasa saja. Ia terbilang cukup kuat membuat basis atau lumbung dukungan dari sejumlah loyalisnya itu telah mantap menatap Pilkada Gowa 2024 dengan segudang persiapan termasuk melawan rivalnya nanti.

Jangan ragu soal kedekatannya dengan beberapa petinggi parpol di jejaring elit politik di Jakarta sana. Amir Uskara tentu sudah siap menggalang dukungan lantaran hubungan awetnya untuk dapat dukungan ketua-ketua partai penentu surat rekomendasi untuk pria berklaim AURA itu.

Pindah ke kandidat lain seperti Sekertaris Partai Gerindra Sulsel sekaligus Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel yakni Darmawangsyah Muin yang baru memulai maju sebagai calon Bupati Gowa selanjutnya.
Wawan sapaan akrabnya ini telah asik bergerak untuk mencari dukungan masyarakat dengan tagline ‘Gowa Berua’ juga tidak bisa dianggap sebelah mata. Pengalamannya berpolitik dan membangun pencitraan publik juga sudah sangat mapan jadi kepala daerah.

Sebagai andalan partai pemenang Pilpres 2024 besutan Prabowo Subianto di Kabupaten Gowa tentu tidak ingin malu membawa citra sebagai kader tulen yang bersaing merebut kursi Bupati Adnan sebagai Bupati Gowa. Damarwangsyah pasti sudah bersiap menyambut semua dukungan kalangan masyarakat. Peluangnya menjadi kepala daerah juga sangat lowong. Apalagi, sang istri tercinta Andi Tenri Indah sudah terpilih sebagai wakil rakyat juga bisa menjadi penentu dukungan internal bagi pria berkacamata tersebut.

Jika ada Amir Uskara dan Darmawangsyah Muin juga ada Wakil Bupati Gowa, Abdul Mallagani Kr Kio yang kini aktif sebagai orang kosong dua Adnan Purichta Ikhsan di pemerintahan yang ingin maju sebagai kepala daerah. Peluangnya juga sangat bagus disamping bisa dapat dukungan dari para ASN Pemkab Gowa. Dibeberapa titik kecamatan Kr Kio juga sangat sohor dan bisa dibilang berpotensi dapat dukungan banyak masyarakat Gowa saat ini.

Sebagai Wakil Bupati, Kr Kio yang seorang kader Partai PDI Perjuangan tentu kansnya besar. Dengan lobi-lobi bersama Adnan tentu bisa ia muluskan keinginannya sebagai pengganti bupati dua periode tersebut. Dataran rendah atau tinggi diwilayah Gowa juga pastinya dikuasai belum lagi dari dukungan orang terdekat dan kerabatnya.

Kita pindah ke sosok Huniah Talenrang Ketua PAN Kabupaten Gowa sebagai wakil rakyat yang naik kelas karena terpilih di DPRD Provinsi Sulsel jangan diremehkan kehadirannya di Pilkada Gowa. Adik Kabaharkam Mabes Polri, Fadil Imran itu juga peluangnya besar apalagi pengalamannya di DPRD Kabupaten Gowa dan sekitarnya sudah teruji. Dukungan kakak serta kerabat-kerabatnya pasti sudah menjalar di berbagai kecamatan sampai tingkat pedesaan.

Pertanyaannya sekarang, keempat figur bakal jadi kandidat Bupati Gowa ini siapa yang bakal unggul mendapat perhatian masyarakat untuk dipilih sebagai kepala daerah selanjutnya. Peran partai-partai politik sebagai kendaraan mereka pun harus bisa menopang kekuatan dari masing-masing Cakada tersebut. Dan saat ini, mereka berempat pasti lagi menunggu surat rekomendasi dari sejumlah partai politik sebagai kendaraan politiknya untuk maju di Pilkada Gowa 2024.